in ,

Armada Bus Baru Trans Jogja

Menambah kenyamanan penumpang dan ramah bagi penyandang Difabel

Bus Transjogja Biru

Pemerintah Yogyakarta, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, makin membenahi sarana transportasi umumnya dengan mengoperasikan 25 bus baru Trans Jogja pada 27 Mei 2016. Bus baru berwarna biru yang dikelola PT Anindyah Mitra Internasional (AMI) ini menyediakan fasilitas untuk penumpang difabel. Dengan demikian masyarakat Yogyakarta akan disuguhi dua warna bus Trans Jogja, hijau dan biru.

“Warna nggak masalah, karena nantinya pengguna Trans Jogja akan naik dari halte sehingga akan ada petugas yang memberikan panduan,” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Haryanta, seusai menggelar jumpa pers peluncuran 25 bus Trans Jogja baru, di kantor Dishub DIY, Rabu (25/5/2016).

Hal yang baru dari bus baru ini adalah tentang kelengkapan bus. Terdapat ruang bagi difabel yang berkursi roda dan dua kursi yang diprioritaskan untuk penumpang lanjut usia, wanita hamil, penyandang disabilitas tanpa kursi roda, serta ibu membawa anak.

“Di dalam bus nanti juga terdapat digital papan trayek dan voice announcement yang menginformasikan kepada penumpang mereka sudah sampai mana – sehingga penderita tunarungu maupun tunanetra tak tersesat atau salah turun halte. Tapping ticket (alat pembayaran elektronik di tiang pintu masuk) juga ada di dalam bus,” lanjut Sigit. Di bus versi lama, alat semacam ini belum terpasang di dalam bus namun ada di seluruh halte Trans Jogja sehingga pelanggan yang sudah memiliki tiket berlangganan tinggal menyentuhkan (tap) tiket mereka ke alat itu.

Pengadaan 25 bus baru tersebut untuk menggantikan bus lama yang telah diadakan sejak 2008 yang sudah tidak layak. Bus-bus tersebut nantinya akan melayani 3 trayek yang dinilai paling ramai pengguna, yakni trayek 1A, 2A, dan 1B. Disamping itu pemerintah juga akan mengajukan penambahan bus baru pada 2017 sebanyak 93 bus dengan 17 jalur. Harapannya, jumlah bus TransJogja nantinya mencapai 167 unit.

Leave a Reply