in

Festival Kesenian Yogyakarta 27 eDAN-eDANan

Mempertahankan dan Mengembangkan Karakteristik Seni Budaya di Yogyakarta

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) tahun 2015 yang merupakan penyelenggaraan ke-27, akan digelar selama 18 hari mulai 19 Agustus hingga 5 September 2015. Gelaran FKY tahun 2015 ini akan sangat berbeda dari FKY sebelumnya, karena pada tahun ini lokasi utama yang biasanya bertempat di Plaza Ngasem akan berpindah ke Taman Kuliner Condong Catur yang memiliki area lahan yang memadai sehingga dapat memaksimalkan kreasi-kreasi para seniman sesuai dengan tema yang ditentukan.

FKY 27 akan dibuka pada Rabu (19/08/2015) dengan menampilkan Pawai Edan-edanan, yang merupakan street performance yang menggunakan ruas Jalan Kaliurang, dan mengambil rute dari PKKH UGM menuju Gedung Grha Sabha Pramana, dilanjut menuju Gedung Rektorat UGM dan berakhir di Perempatan Selokan Mataram.

“Tema ‘eDan-eDanan’ sengaja diambil sebagai bentuk perpanjangan makna dari ‘Dandan’ yang artinya bersolek atau berbenah. Bersolek selalu identik dengan aktivitas yang menuntun pada kualitas estetika, paras, ataupun penyajian. Sedangkan berbenah identik dengan upaya perbaikan fisik atau non-fisik,” ungkap Ari Wulu sebagai ketua umum dalam jumpa pers dan tumpengan yang diadakan di Taman Kuliner, Jumat (14/8/2015).

Jumpa pers juga dihadiri oleh Setyo Harwanto sebagai ketua divisi bagian umum, Roby Setiawan sebagai ketua divisi seni dan kreatif, dan Umar Priyono selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY.

Selanjutnya Ari mengatakan bahwa maksud lain dari Dandan atau eDan-eDanan adalah diharapkan FKY 27 ini mampu tetap menopangi Yogyakarta secara estetika dalam format festival dan bukan sekedar men-topeng-i yang berarti FKY hanya merupakan festival tahunan tanpa adanya tujuan untuk mempertahankan atau mengembangkan karakteristik seni budaya di Yogyakarta.

Melalui festival seni ini diharapkan dapat terjadi bincang keilmuan, wacana, kreasi, sampai pergerakan yang lebih komprehensif sebagai upaya dari dimulai dandan sampai dengan nDandani Yogyakarta dengan rupa-rupa permasalahannya.

Masyarakat Yogyakarta, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara sudah bisa berkunjung ke FKY sejak 19 Agustus 2015 nanti dan tidak dipungut biaya. Gratis! Jadi masyarakat umum paling hanya mengeluarkan biaya untuk parkir saja.

Leave a Reply