in

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28

Kali Ini Bertemakan “Masa Depan, Hari Ini Dulu”

Festival Kesenian Yogyakarta 28

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), sebuah acara seni tahunan yang selalu dinantikan warga Yogyakarta, tidak lama lagi akan kembali digelar. Rencananya FKY untuk tahun 2016 ini akan dilangsungkan mulai 23 Agustus hingga 9 September 2016 dengan mengambil lokasi sama seperti tahun sebelumnya yaitu di Taman Kuliner Condongcatur, Sleman Yogyakarta.

Tema yang diangkat festival yang telah menginjak tahun ke-28 ini adalah “Masa Depan, Hari Ini Dulu”.

“Melalui tema ini, FKY 28 mencoba meneropong suatu masa, di detik, menit, jam, tahun, bahkan abad mendatang, dengan fenomena kebudayaan sebagai titik acu ide.”, demikian ungkap Setyo Harwanto yang menjabat sebagai Direktur Bagian Umum.

“Kebudayaan di sini tidak hanya tentang artefak dan tradisi belaka, tetapi menjangkau realitas kehidupan yang lebih luas, seperti sosial, pendidikan, arsitektur, masyarakat urban, teknologi, seni, gaya hidup, komunikasi, hingga politik. Baik itu tangible maupun intangible.”, imbuh Direktur Program Pertunjukan, Ishari Sahida.

“Harapannya, apa yang disuguhkan bukan hanya sebatas tontonan semata, tetapi juga menjadi cara pandang dan pemicu partisipasi masyarakat mengenai masa depan kebudayaan. Kesenian memang, bukan menjadi gerbang utama memasuki masa depan, tetapi, setidaknya bisa menjadi pintu masuk pembicaraan lain melalui imajinasi.”, jelas Roby Setiawan yang bertanggungjawab sebagai Direktur Seni dan Kreatif.

Awoh Aweh. Logo FKY tahun ini inspirasinya berasal dari sembilan jenis tanaman yang terdapat di lingkungan keraton Yogyakarta, yaitu Waringin (beringin), Tanjung, Gayam, Sawo Kecik, Asem, Kemuning, Bodhi, Kepel Watu, dan Jambu Dersana; yang divisualkan dalam wujud daun dan pohon dalam wujud tipografi FKY.

Wujud pohon di logo ini merepresentasikan tiga masa; dulu, kini, dan nanti. Sementara ranting-rantingnya merepresentasikan cabang-cabang kesenian yang diakomodasi oleh FKY. Filosofi sembilan tanaman di lingkungan keraton Yogyakarta yang divisualkan menjadi logo diharapkan dapat menjadi payung pemikiran dan capaian dalam perhelatan FKY tahun ini, sebagai upaya melestarikan sekaligus mengembangkan kesenian sebagai elemen kebudayaan.

Info lebih lanjut, silahkan kunjungi website Info FKY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *