in

Gonta-Ganti Nama Hotel Garuda

Bangunan bersejarah ini awalnya bernama Grand Hotel De Djokdja

Hotel Inna Garuda

Tahukah anda bahwa hotel Inna Garuda sudah berubah nama sebanyak enam kali? Mulai dari Grand Hotel De Djokdja, Hotel Asahi, Hotel Merdeka, Hotel Garuda, Natour Garuda, dan terakhir menjadi Hotel Inna Garuda.

Bangunan bersejarah ini awalnya bernama Grand Hotel De Djokdja atau Yogyakarta Hotel selama kurun waktu tahun 1908 hingga tahun 1942. Grand Hotel De Djokdja mulai beroperasi tahun 1911 dan hanya menampung tamu militer Belanda. Pada tahun 1938, hotel ini dibentuk kembali dalam dua sayap di sisi kanan dan kiri dan bangunan utama di tengah.

Kemudian pada tahun 1942 hingga 1945, hotel ini berubah nama menjadi Hotel Asahi. Pada tahun 1946, Yogyakarta menjadi ibukota Indonesia dan hotel ini menjadi kompleks kantor untuk kabinet pemerintahan waktu itu. Jenderal Sudirman sempat berkantor di salah satu kamar di hotel ini.

Selanjutnya, menjadi Hotel Merdeka hingga tahun 1950. Lalu pada tahun 1950 hingga 1982, diganti lagi namanya menjadi Hotel Garuda, dimana pemerintah memberikan kepercayaan pada PT. Natour menjalankan hotel. Sejak tahun 1982 menjadi Hotel Natour Garuda hingga tahun 2001. Hotel dikelola menjadi BUMN dan Grand Opening pada 29 Juni 1985 dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono IX.

Sejak tahun 2001 hingga sekarang, lagi-lagi namanya diubah menjadi Hotel Inna Garuda karena pada Maret 2001 PT. Natour bergabung dengan PT. Hotel Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *