in

Jogja Night at The Museum

Mengajak Masyarakat Menjelajahi Museum Pada Malam Hari

Sebagian besar masyarakat, pasti pernah berkunjung ke museum. Idealnya berkunjung ke museum adalah di waktu siang, namun bagaimana rasanya jika menyambangi museum malam-malam? Adalah komunitas “Yogyakarta Night At The Museum”, sebuah komunitas unik dimana masyarakat diajak untuk menjelajahi bangunan museum-museum yang ada di Yogya pada malam hari. Erwin Junaidi, Ketua Yogyakarta Night At The Museum, menuturkan, tujuan komunitas Yogyakarta ‘Night At The Museum’ adalah untuk meningkatkan lagi minat masyarakat untuk berkunjung ke museum, dengan cara yang unik dan berbeda.

“Umumnya masyarakat berkunjung ke museum kan waktu siang hari, nah kami membuat sesuatu yang unik dan berbeda dengan menjelajahi museum malam-malam,” ujar Erwin.

Komunitas Yogyakarta Night At The Museum awalnya dibentuk pada tahun 2012, sebagai sebuah konsep program PKM Kewirausahaan oleh sekelompok mahasiswa Sejarah dan jurusan Pariwisata UGM, yaitu Erwin, Tantri, Odi, Yayum dan Bachtiar. Inspirasi mereka berasal dari film “Night At The Museum“, dimana di dalam film tersebut museum tampak lebih menarik karena benda-benda di dalamnya ikut hidup.

“Konsep di dalam film menarik sekali, ke museum malam-malam dan benda-benda di museum hidup, tentunya berbeda. Namun, bukan berarti di komunitas bukan benda-benda di museum nanti hidup, tetapi semangatnya yang kami tularkan,” ujar Erwin.

Beberapa saat dibentuk, respon masyarakat cukup positif. Hal ini ditandai dengan banyaknya event jelajah museum pada malam hari yang telah mereka adakan, dan banyaknya masyarakat yang turut berpartisipasi dalam acara jelajah malam tersebut.

Akhirnya pada tahun 2013, Yogyakarta Night At The Museum yang semula hanya program PKM kewirausahaan, diubah menjadi komunitas unik untuk para pecinta museum. Beranggotakan 12 sukarelawan/volunteer, semua mahasiswa sejarah UGM yang memiliki passion yang sama di bidang museum.

Kunjungan museum pada malam hari menjadi agenda pokok menjadi komunitas ini. Namun seiring perkembangan waktu dan permintaan masyarakat, Yogyakarta Night At The Museum menyelenggarakan even-even lain yang menarik di waktu selain malam hari, seperti Family Day, ataupun Jelajah Heritage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *