in ,

Kios Sepatu KW Jalan Mataram

Salah Satu Rujukan Para Mahasiswa Hingga Turis Mencari Sepatu Murah

Kios Sepatu Jalan Mataram

Tak hanya di Jogja, tren dunia fashion memang menjangkiti hampir sebagian besar penduduk dunia. Namun bagi mereka yang tak punya cukup uang di kantong, barang asli palsu atau yang lazim disebut ‘KW’ menjadi opsi yang paling masuk akal. Tetap tampil gaya dengan menyesuaikan isi kantong, mungkin menjadi motivasi terbesar masyarakat yang tertarik membeli barang-barang KW ini. Di kota Yogyakarta, ada satu daerah yang hingga saat ini telah berubah menjadi sentra sepatu KW yakni di sepanjang Jalan Mataram.

Menurut penduduk setempat, sebenarnya deretan kios di tempat itu sudah ada sejak tahun 80-an. Namun saat itu barang dagangannya belum seragam seperti sekarang. Sejak awal tahun 2000-an kawasan ini menjadi ‘jujugan’ masyarakat yang ingin membeli alas kaki modis dengan harga merakyat. Merek-merek terkenal dunia yang sedang digandrungi anak muda dijual dengan sangat murah di lokasi ini. Belasan kios berjajar dari sisi barat ke sisi timur jalan yang berada di pusat kota Yogyakarta ini. Deretan kios sepatu yang menjual berbagai jenis sepatu pria dan wanita ini menjadi daya tarik tersendiri di Jalan Mataram.

Kelengkapan pilihan menjadikan deretan kios di ujung Jalan Mataram ini jarang sepi dari pengunjung. Semisal sepatu Reebok yang berharga jutaan, bisa dibeli dengan harga ratusan ribu di Jalan Mataram. Dari sneakers berbagai merek hingga sepatu boot yang tampak modis dikenakan artis-artis internasional ada di kios-kios kecil pedagang kaki lima di Jalan Mataram ini. Harganya cukup murah, mulai dari Rp 50-an ribu hingga Rp 300-an ribu, anda sudah bisa tampil modis dengan mengenakan barang KW di kaki.

Beberapa pekerja di kios sepatu Jalan Mataram ini mengungkapkan peminat sepatu KW ini cukup tinggi terutama kaum perempuan. Bahkan dalam satu hari tidak kurang dari 25 pasang sepatu bisa laku terjual diborong pembeli yang ternyata dari beragam lapisan masyarakat. Mungkin produk-produk di kios-kios ini memang punya peminat sendiri meskipun dibilang KW. Pembelinya ada yang dari anak-anak muda hingga orang tua yang membelikan sepatu untuk anaknya. Toh sekarang sudah lebih mirip dengan aslinya. Bahkan, selain mahasiswa, tak sedikit pula para turis yang mampir ke deretan kios ini untuk mencari sepatu terutama sepatu sport.

Dengan adanya perkembangan teknologi internet serta gadget dimasa kini, beberapa diantara mereka bahkan ada juga yang menjual produk-produk sepatunya secara online melalui situs-situs jualan online seperti Olx, Tokopedia atau Bukalapak. Upaya ini tentu saja mereka lakukan untuk memperluas pangsa pasar konsumen mereka khususnya di luar Jogja.

Leave a Reply