in

The Amazing Race Asia Season 5

Yogyakarta Akan Menjadi Salah Satu Destinasi Adventure Reality Show

The Amazing Race Asia Season 5

Setelah sempat kosong sejak season-4 pada tahun 2012 lalu, acara reality show yang merupakan ajang lomba petualangan The Amazing Race Asia (TARA) Season 5 dimulai dan akan tayang di AXN Channel pada Oktober 2016 mendatang. Sebanyak 11 tim peserta amazing race dari tujuh negara yang telah berhasil lolos audisi (kualifikasi) pada 28 Juli 2016 lalu, akan menghadapi tantangan seru dengan hadiah fantastic USD 100.000, termasuk menjelajah Indonesia sebagai bagian dari beberapa negara di dunia yang akan mereka kunjungi.

Sebelas tim yang berhasil lolos ikut audisi berasal negara-negara Asia Tenggara yakni dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Singapura. Sebelas tim tersebut akan melalukan perjalanan ke 10 destinasi utama Asia selama 20 hingga 35 hari dimulai (start) dari Jakarta, Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manila, Taipei, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali.

Dari 10 episode, 5 episode The Amazing Race Asia Season 5 ini akan digelar di lima kota di Indonesia yang akan dipandu oleh Allan Wu dan co-host Indonesia yakni Tara Basro untuk episode-episode yang tayang di Indonesia. Dari Indonesia sendiri akan diwakili oleh 2 tim (pasangan) yaitu tim Rachel & Vicky dan tim Louisa & Treasuri. Kementrian pariwisata bersama Wonderful Indonesia, Grab Taxi dan Garuda Indonesia menjadi sponsor dari acara reality show penuh petualangan ini.

“Momen ini merupakan kesempatan emas bagi pariwisata Indonesia untuk memperlihatkan kekayaan serta keunikan Indonesia yang mempesona dalam kemasan Wonderful Indonesia. Apalagi dari 10 episode, lima episode digelar di lima kota di Indonesia.” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat press conference di Fairmont Hotel Jakarta dalam acara The Jakarta Racers Reveal Press Event yang digelar AXN untuk mengenalkan TARA Season 5.

Permainan ini seru, penuh tantangan, banyak kesulitan, membaca petunjuk, pasangan di bawah tekanan, disorot kamera dan menjadi program TV yang mendunia. Di balik lomba pencarian itu, banyak teka-teki, penjelajahan ke sebuah negara, advanture, mirip detektif dalam adegan film yang dikejar target waktu dan sasaran. Di situlah promosi cerdas destinasi pariwisata Indonesia masuk ke benak khalayak di seluruh dunia dengan cara yang smart. Yang hobi adventure, sudah pasti tertarik dengan program ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menjelaskan, Wonderful Indonesia dipromosikan dengan menggunakan strategi media melalui pendekatan POSE (Paid Media, Owned Media, Social Media, dan Endorser). Model promosi kali ini menggunakan paid media yakni AXN Channel dalam program TARA Seasons 5 yang menjangkau hampir seluruh wilayah Asia dan sebagian besar merupakan pasar utama pariwisata Indonesia.

“Tahun ini kita mentargetkan 12 juta wisatawan mancanegara, 61% diharapkan akan datang dari Singapura, Malaysia, China, Australia dan Jepang sebagai pasar utama pariwisata Indonesia,” kata Arief Yahya optimistis.

Leave a Reply