in

Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

Kuliner Tradisional Khas Bantul Yang Sehat, Berbahan Dasar Tapioka

Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

Mie Lethek adalah mie asli Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Mie putih berwarna kusam ini dibuat secara tradisional dari tepung tapioka (tepung ketela) dicampur gaplek, kemudian dijemur dengan sinar matahari menjadi mie kering tanpa pemutih maupun pengawet hingga warnanya lethek sesuai warna asli tepung ketela. Karena warna mie ini tidak secerah mie pada umumnya (putih atau kuning), maka disebut mie lethek, yang dalam bahasa Jawa artinya kusam atau dekil. Selain warnanya, yang membedakan mie lethek ini dengan mie lain adalah teksturnya yang lebih padat dan kenyal.

Mbah Mangun Pawiro alias Sajem mulai menjual bakmi lethek ini sejak awal tahun 1950-an dengan menu mie goreng, mie godhok dan plencing (mie dengan kuah manis, pedas dari potongan cabe dan ditambah potongan tahu putih) di dusun Gunturgeni, Poncosari, Srandakan, Bantul. Setelah meninggal dunia, usaha warung bakmi lethek dilanjutkan Tien Supartinah dan pada tahun 1980 pindah di dekat terminal Sorobayan, Gadingsari, Sanden Bantul. Pada saat itulah mbah Sajem sering disebut mbah Mendes yang artinya kenes (sedikit genit) tapi galak. Belakangan, istilah mendes sering diplesetkan menjadi “Memang nDeso”.

Sejak Oktober 2013 Mi Lethek Bantul Mbah Mendes, yang sudah merupakan generasi ketiga, membuka cabang di Maguwoharjo, Sleman dan kemudian disusul cabang Jl. Parangtritis KM 3.5, Bantul dan cabang Wates Jl. Brigjen Katamso No.44, Kulonprogo. Warung ini buka setiap hari mulai jam 11.00 WIB hingga jam 22.00 WIB.

LOCATION MAP

Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

Alamat/Kontak: Jl. Ring Road Utara, Sarirejo, Maguwoharjo, Depok, Sleman (Belakang Lotte Mart). Telp. 0274 4477944, 0851 0094 0338, 0812 294 0055.

FITUR LOKASI

Warung ini memiliki bangunan rumah limasan dan menyediakan 8 meja besar (6-8 orang) serta 10 meja kecil (4 orang). Setiap hari selepas maghrib menyajikan iringan musik lawasan campursari dan tembang-tembang Koes Plus.

Untuk menu makanan, sesuai ciri khasnya, memang tidak banyak. Ada mie goreng/godog (rebus), plencing goreng/godog, nasi goreng mendes dan omelet mendes. Masing-masing dihargai antara Rp 15.000 atau Rp 16.000. Bedanya, plencing disini adalah mie dengan bumbu/olahan manis pedas ditambah potongan tahu putih. Sedangkan nasi goreng mendes bukan menggunakan nasi biasa melainkan nasi jagung. Semua menu mie-nya diolah dengan potongan kubis/kol, wortel telur dan daging ayam. Dan yang jelas, semua menu makanan diolah dan dimasak tanpa mecin (MSG), tanpa pewarna dan tanpa pengawet.

Untuk minuman, selain menu standar seperti teh manis dan jeruk, ada juga teh tarik, wedang uwuh dan wedang secang. Semua menu minuman harganya sama, yakni Rp 4.000.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi/sewa baik roda empat maupun roda dua. Agak jauh jika harus jalan kaki dari halte TransJogja terdekat. Sejak pertengahan Desember 2015 lalu, warung mie lethek ini pindah tak jauh dari lokasi awal ke lokasi persis belakang (Utara) Lotte Mart yang lebih luas baik sitting area maupun area parkirnya.

TIPS

Jika hanya ingin menikmati menu makanannya, sebaiknya datang siang karena relatif lebih sepi. Untuk menu plencing yang manis pedas, ada baiknya pesan tingkat pedas/cabe sesuai keinginan anda karena standard-nya lumayan pedas.

Penilaian dari kami?

Overall Score* : 3.5

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *