in

Nasi Uduk Palagan

Kuliner Khas Betawi-Jakarta Dengan Cita Rasa Jogja

Nasi Uduk Palagan

Nasi uduk adalah makanan khas Betawi (Jakarta) yang terbuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa untuk memberikan cita rasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan ketika nasi uduk dimasak untuk menambahkan aromanya. Nasi ini kemudian dihidangkan dengan varian lauk seperti emping goreng, tahu goreng, telur dadar/goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore lebih dikenal dengan Nasi Lemak.

Nah, Nasi Uduk Palagan menyajikan menu ini dengan sedikit berbeda. Selain nasi uduk biasa, ada juga menu Nasi Uduk Bakar yang tersedia dalam dua pillihan, daging atau ebi. Keduanya dibumbui daging atau ebi, serundeng dan daun kemangi lalu dibungkus daun-pisang dan dibakar. Selain nasi uduk bakar ada menu lain yang beragam diantaranya variasi nasi goreng, ayam/bebek/ikan/udang goreng, beragam variasi sayuran, oseng dan sambal. Lumayan banyak pilihannya. Ada juga beberapa pilihan menu paket lengkap berisikan nasi uduk, lauk, lalapan, sambal dan minum. Resto ini buka setiap Senin โ€“ Sabtu mulai pukul 07.00 โ€“ 21.00 WIB dan khusus hari Minggu buka mulai pukul 07.00 โ€“ 15.00 WIB. Kisaran harga menu-menunya antara Rp 4.000,- hingga Rp 20.000,- kecuali bebek goreng yang mencapai Rp 60.000,-.

LOCATION MAP

Nasi Uduk Palagan

Alamat/Kontak: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.104, Ngaglik, Sleman. Telepon. 0274 866836, 0812 8439 2399.

FITUR LOKASI

Meski lokasinya agak masuk dari jalan raya, resto ini termasuk jarang sepi. Sitting area-nya berkapasitas sekitar 60 orang dengan meja untuk 2, 4 atau 6 orang, termasuk juga meja yang berada di ruang samping (ada display lauk-lauknya). Agak terbatas memang. Sayangnya, sirkulasi udara di sitting area yang setengah terbuka ini sepertinya agak terbatas sehingga disaat agak ramai tetap saja terasa sumuk (panas). Dan sayangnya lagi, untuk area parkir sangat terbatas. Hanya bisa menampung maksimal 8 mobil kecil. Untuk kendaraan roda 2 (motor) juga tidak bisa banyak. Mungkin sesuai dengan kapasitas sitting areanya — jika parkir penuh, bisa dipastikan sitting area juga penuh.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Untuk menuju ke lokasi tidak (belum) ada kendaraan umum. Dengan bus Trans Jogja, hanya bisa mencapai perempatan Jl. Palagan (Monjali) dan masih harus berjalan sekitar 500 meter. Jadi memang sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri. Lebih baik lagi gunakan kendaraan roda-dua (motor) karena lebih mudah parkirnya.

TIPS

tidak/belum ada

Penilaian dari kami?

Overall Score* : 3.0

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply