in

Rumah Makan Jejamuran

Kuliner Tradisional Unik Serba Jamur Yang Bercitarasa dan Bernilai Gizi Tinggi

Rumah Makan Jejamuran

Rumah makan jejamuran ini secara resmi didirikan pada tahun 2006 oleh Ratidjo Hardjo Soewarno sebagai usaha untuk menjual hasil jamur yang melimpah dari usaha budidaya jamurnya. Beliau mulai belajar tentang jamur sejak tahun 1968 dari orang Taiwan, yang merupakan negara pusat mengembangan jamur pada waktu itu. Pada mulanya (tahun 1997) rumah makan Jejamuran hanyalah sebuah warung sederhana yang dibangun di depan halaman rumah dengan sebuah etalase dan sebuah lincak. Kini, rumah makan ini memiliki lebih dari 350 kursi yang disediakan bagi pengunjung untuk menikmati beragam sajian menu jejamuran di sini. Tidak hanya disajikan dalam bentuk jamur crispy atau tumis jamur, namun di rumah makan ini jamur juga diolah menjadi sate, rendang, pepes, jamur asam manis, sup, tom yam dan menu-menu lainnya, bahkan kue (cake) jamur. Selain menyediakan beragam menu tersebut, rumah makan ini juga terintegrasi dengan perkebunan sekaligus menjadi tempat konsultasi budidaya jamur. Pengunjung bisa melihat aneka tanaman jamur serta mempelajari seluk beluk budidaya-nya, atau membeli bibit jamur untuk dibawa pulang sebagai souvenir maupun dibudidayakan.

Jejamuran memang bertujuan untuk lebih mengenalkan jamur sebagai alternatif hidangan bagi masyarakat. Di rumah makan ini jamur diolah menjadi hidangan yang bercitarasa serta memiliki nilai gizi tinggi. Bahan baku jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan. Jamur juga telah terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemak dalam tubuh, anti inflamasi dan anti mikroba, serta menghambat pertumbuhan tumor.

Rumah makan Jejamuran buka setiap hari Senin – Minggu dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB (last order).

LOCATION MAP

Rumah Makan Jejamuran

Alamat/Kontak: Jl. Pendowoharjo (Jl. Magelang KM 10), Niron, Sleman, Yogyakarta. Telp. (0274) 868 170 / 0812 2667 444.

FITUR LOKASI

Rumah makan ini seperti layaknya sebuah ‘fancy restaurant’ namun dengan harga sangat terjangkau. Di bagian lobby ada penerima tamu yang akan melayani anda dengan daftar menu dan memilih seat. Di lobby inilah terdapat panggung yang menampilkan live music antara pukul 12.30 hingga 14.30 WIB setiap harinya. Resto Jejamuran ini memiliki bebebapa zona sitting area yang dilabeli¬† nama-nama jamur, seperti Maetake, Enoki, Shimeji, dan Hiratake. Tiap zona mempunyai konfigurasi yang berbeda, dari meja dengan 4 kursi hingga meja panjang dengan 12 kursi, smoking dan non-smoking area. Di sisi timur resto (samping) sedang direnovasi dari area parkir menjadi sitting area (Hiratake), namun sudah difungsikan sejak Juni 2016 lalu meski belum seluruhnya selesai. Ada juga area khusus tertutup (VIP Room) berkapasitas hingga 50 kursi yang bisa digunakan gratis untuk rombongan (group) dengan transaksi minimal Rp 600.000. Di tengah belakang terdapat ruang ‘Ibu dan Anak’ serta ruang kesehatan/klinik kecil.

Fitur yang unik (yang sering menjadi area selfie) di Jejamuran ini adalah display aneka jamur lengkap dengan nama dan informasi singkatnya. Kedua, ada fasilitas Terapi Ikan (Fish Spa Theraphy) yang disediakan gratis bagi para pengunjung yang ingin relaksasi membersihkan kulit kaki.

Untuk harga menu makanan, ada dikisaran Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per-porsi, sedangkan menu kudapan dan minuman dikisaran Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Dengan kendaraan pribadi/sewa baik roda empat maupun roda dua. Area parkir yang terletak di seberangnya sangat luas, lebih tertata dan gratis. Lengkap dengan area ‘drop-off’ yang terdapat di depan lobby. Area parkir mampu menampung belasan mobil dan puluhan motor. Bisa menampung bus ukuran sedang dan besar. Dengan kendaraan umum, meskipun bisa menggunakan bus antar kota jurusan Semarang (Magelang), namun masih harus berjalan cukup jauh atau sekitar 600 meter ke lokasi.

TIPS

Untuk fasilitas fish theraphy, manfaatkanlah dengan bijak dan sesuai ketentuan. Kaki dengan luka terbuka atau berpenyakit kulit bisa berpeluang menimbulkan resiko kesehatan bagi anda maupun orang lain.

Penilaian kami?

Overall Score* : 4.7

*) lokasi, harga, fasilitas, kebersihan, transportasi dan fitur lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *