in

Saoto Bathok Mbah Katro

Soto sapi yang disajikan dengan batok dan suasana ndeso

Saoto Bathok

Warung Saoto Bathok Mbah Katro atau dikenal dengan Soto Bathok Candi Sambisari beralamat di jalan Candi Sambisari, Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Tepatnya hanya sekitar 50 puluh meter di sebelah utara situs Candi Sambisari. Mengapa penulisannya saoto dan bukan soto? Ternyata saoto adalah sebutan lain untuk soto yang digunakan di daerah Solo dan bukan karena kesalahan penulisan. Sebutan soto yang beragam adalah hasil karya masyarakat kita yang suka mengucapkan istilah-istilah seenak lidah. Kuliner soto yang didirikan Mbah Katro ini memang mengusung genre soto Solo, sehingga penamaannya pun memakai istilah daerah asalnya — penyebutan saoto merupakan istilah yang lazim digunakan di daerah Solo untuk menyebut makanan soto.

Warung ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga habis (umumnya sebelum jam 10.00 WIB) dan sore hari mulai jam 15.00 WIB hingga habis juga (umumnya sebelum jam 17.30 WIB). Harga soto per-porsi hanya berkisar Rp 5.000,-.

LOCATION MAP

Saoto Bathok Mbah Katro

Alamat/Kontak: Utara Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Telp. 0813 9214 4526, 0821 3601 3072.

FITUR LOKASI

Warung ini hanya menyediakan menu utama soto daging sapi yang disajikan dalam bathok (tempurung kelapa) serta menu pendamping seperti tempe goreng atau sate telur puyuh dan sate usus yang dibumbu bacem. Minuman juga hanya teh, kopi dan jeruk hangat atau dingin. Pengunjung dipersilahkan memesan menu dibagian depan (kadang dengan nomor antrian) dan bebas memilih tempat duduk yang tersedia.

Ada beberapa ragam area tempat duduk sesuai jumlah pengunjung, dari kursi berdua hingga saung atau gubug untuk lesehan belasan pengunjung. Untuk anak-anak terdapat pula area taman untuk bermain ayunan dan jungkat-jungkit yang terbuat dari bambu serta kolam ikan. Selain murah, suasana ndeso yang santai dengan pemandangan persawahan dan situs candi memang menjadi daya tarik utama – meski soal rasa tidak ada yang istimewa namun warung ini selalu ramai pengunjung.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Seperti halnya dengan Candi Sambisari, warung soto ini hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Tidak ada kendaraan umum yang melewati lokasi ini. Area parkir menggunakan sisi badan jalan, jadi sangat terbatas untuk roda empat apalagi bus.

TIPS

Jika ingin benar-benar menikmati suasana sejuk nyaman, datanglah pagi sebelum jam 07.00 WIB atau pada sore hari sebelum jam 16.00 WIB. Sedapat mungkin gunakan kendaraan roda dua atau manfaatkan area parkir Candi Sambisari.

Penilaian dari kami?

Overall Score* : 3.0

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *