in

The Waroeng of Raminten

Angkringan Mewah Yang Kental Dengan Nuansa Tradisional Jawa

Warung of Raminten

The Waroeng of Raminten merupakan salah satu cabang dari The House of Raminten yang terletak di Jalan Kaliurang KM 15.5 Ngemplak, Sleman, bersebelahan dengan Hamzah Batik yang juga masih satu grup. Hingga saat ini, selain Waroeng of Raminten yang ada di sini, ada dua lokasi Raminten lain, yakni di Jl. FM Noto No.7 Kota Baru dan Hamzah Batik lantai 3 Jl. A Yani (Malioboro).

Meski menyajikan menu dan harga yang kurang lebih sama serta nuansa budaya jawa yang sangat kental (seperti halnya dengan Hamzah Batik), namun untuk konsep tempatnya The Waroeng of Raminten ini sedikit berbeda. Jika di The House of Raminten pengunjung kerap agak kesulitan memesan tempat karena keterbatasan tempat, di The Waroeng of Raminten ini areanya jauh lebih luas baik untuk sitting area maupun area parkir kendaraan.

The House of Raminten sendiri didirikan secara resmi pada 26 Desember 2008. Nama Raminten diambil dari nama tokoh perempuan yang diperankan oleh pemiliknya (Hamzah Sulaeman) saat membintangi sebuah sitkom di Jogja TV yang berjudul “Pengkolan”. Dalam tokoh tersebut Hamzah berdandan layaknya wanita dengan memakai kebaya dan sanggul. Hingga kini, Waroeng of Raminten merupakan salah satu dari tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang memenuhi kriteria tempat makan yang unik, murah, enak, dan menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa. Dimulai dari arsitektur, dekorasi, menu, hingga kostum jarik para pelayannya yang khas dan sangat jarang ditemui di tempat makan lainnya. Berbeda dengan The House of Raminten yang bukak 24 jam non-stop, The Waroeng of Raminten bukak setiap hari dari jam 10.00 hingga jam 24.00 WIB.

LOCATION MAP

Waroeng of Raminten

Alamat/Kontak: Jl. Kaliurang KM 15.5, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Telp. 0274 4547104

FITUR LOKASI

Sitting area di The Waroeng of Raminten ini terbagi dalam beberapa zona area dengan beragam kapasitas pengunjung mulai dari bagian depan, tengah dan bagian belakang yang menghampar luas lengkap dengan arena panggung dan kolam ikan. Di bagian belakang terdapat 2 bangunan joglo (limasan) yang masing-masing mampu menampung tak kurang dari 50 orang, 2 saung (gazebo) besar untuk 8-10 orang serta 3 saung kecil untuk 4 orang.

Meski Waroeng of Raminten ini terkesan mewah, namun tidak perlu khawatir karena restoran ini menyajikan makanan dan minuman dengan harga murah meriah seperti angkringan pinggir jalan yakni berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 25.000,-. Menu makanan dan minuman antara lain Nasi Kucing, Nasi Liwet, Bakmi Jawa, Nasi Rawon, Nasi Gudeg, Ayam Goreng/Bakar, Cah Kangkung, Tom yam, Dim sum, Es Kelapa Muda, Es Kacang Merah, dan lain-lain. Jangan segan bertanya pada waiter agar anda tidak bingung ketika menemukan menu dengan nama yang nyentrik seperti misalnya: Sego Goreng Kasmaran, Udang Sutra Kecewa, Rondo Royal Banget, Rondo Glamour, Es Janji Setia, Es Cemburu Buta atau Es Cinta Segitiga. Untuk beberapa menu minuman juga tersedia dalam porsi/ukuran jumbo yang cukup besar.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Seperti halnya dengan Hamzah Batik, tempat ini hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, baik roda empat maupun roda dua.

TIPS

Buat yang suka kumpul-kumpul bersantai sembari menikmati cemilan dan kopi atau teh, malam hari selepas jam 18.00 WIB adalah saat paling ideal. Suasana yang tenang dengan alunan gending jawa, gemericik air, temaram cahaya lampu minyak di tiap meja dan tentu saja hawa sejuk pegunungan menjadikan anda betah berlama-lama di sini.

Penilaian dari kami?

Overall Score* : 4.8

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *