in

Museum Benteng Vredeburg

Salah satu bagian sejarah penting berdirinya Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg

Museum benteng Vredeburg terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Benteng yang kini menjadi museum ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu, dengan dikelilingi oleh sebuah parit (jagang) yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau (bastion) di ke-empat sudutnya. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama berbagai peristiwa sejarah Indonesia.

LOCATION MAP

Museum Benteng Vredeburg

Alamat/Kontak: Jl. Jend. A. Yani No.6, Telp. 0274 586934, Fax. 0274 510996.

FITUR LOKASI

Pemandangan pertama begitu masuk kawasan benteng ini adalah taman yang cukup luas lengkap dengan beberapa bangku beratap di sekelilingnya. Denah lokasi dan papan petunjuk arah juga disediakan di beberapa sudut. Di area tengah terdapat ikon miniatur tugu Jogja serta beberapa patung (arca) tentara/prajurit kala itu. Selain di gedung sasana utama yang memutar film informasi sejarah Yogyakarta, terdapat pula 4 gedung diorama sejarah Indonesia (khususnya Yogyakarta) yang nyaman dengan penyejuk-udaranya. Masing-masing frame (scene) diorama sangat informatif dengan papan deskripsi dalam dua bahasa – Indonesia dan Inggris. Dibeberapa pojok diorama juga terdapat games untuk anak-anak via TV layar sentuh yang sangat menarik. Ada juga lorong wahana 3D dengan patung/model berukuran sebenarnya yang cukup mencekam suasananya. Haus atau lapar? Tak perlu kuatir, karena ada Indische Koffie di sisi gerbang masuk kawasan benteng ini.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Lokasi museum yang sangat strategis ini bisa ditempuh dengan berbagai kendaraan baik umum maupun pribadi. Beberapa rute bus TransJogja yang lewat jalan Malioboro pasti melalui tempat ini (1A, 2A dan 3A). Area parkir untuk mobil dan motor juga tersedia cukup luas di halaman masuk.

TIPS

Jika ingin menikmati beragam fitur museum ini dengan nyaman, pilihlah waktu kunjungan siang hari yang tidak terlalu ramai – jam makan siang mungkin paling ideal, bisa sekalian menikmati makan siang di Indische Koffie.

Penilaian kami?

Overall Score* : 5.0

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply