in

Sindu Kusuma Edupark

Wahana Rekreasi Keluarga Terluas di Jogja Yang Tampak Terbengkalai

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (SKE) adalah sebuah wahana rekreasi keluarga yang berdiri diatas lahan seluas 7 hektar dan secara resmi beroperasi sejak Desember 2014 lalu. SKE ini merupakan unit usaha dari Kusuma Agrowisata yang berpusat di Batu, Jawa Timur serta mengusung konsep edukasi yang memperhatikan nilai budaya Jawa.

Namun dari apa yang terlihat di wahana rekreasi ini adalah mungkin lebih tepat disebut funpark ketimbang edupark, karena hampir tidak ada unsur edukasi dari keseluruhan wahana permainan serta fasilitas yang ada di sini. Memang ada beberapa papan informasi tentang Yogyakarta serta beberapa pengetahuan umum seperti bangunan tertinggi, kapal terbesar, ikan terbesar dan lainnya, namun tidak banyak. Ada juga display koleksi batik, miniatur candi Borobudur dan Prambanan. Namun fasilitas seperti ini rasanya belum cukup atau masih sangat minim untuk dikategorikan edupark (taman edukasi). Singkatnya, SKE ini lebih mirip dengan Kids Fun Parcs meski keduanya memiliki kelebihannya masing-masing.

Wahana rekreasi SKE ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat dari pukul 15.00 hingga 22.00 WIB dan setiap hari Sabtu-Minggu serta hari libur nasional dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

LOCATION MAP

Sindu Kusuma Edupark

Alamat/Kontak: Jl. Jambon, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman. Telp 0274 6429660 / 6429661

FITUR LOKASI

Ada satu wahana yang diklaim menjadi ikon SKE yakni Cakra Manggilingan atau Ferris Wheel. Cakra Manggilingan ini diakui sebagai yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 48 meter. Berkapasitas 28 kabin yang masing-masing bisa menampung 4 orang dewasa. Anda bisa menikmati pemandangan Jogja dan sekitarnya dari ferris wheel ini. Wahana kedua yang cukup unik adalah Sepeda Mabur atau flying bicycle dimana anda bisa bersepeda diatas rel dengan ketinggian sekitar 3 meter dan panjang rel 100 meter mirip roller-coaster namun mendatar (tanpa naik/turun). Selain kedua wahana itu, tidak ada yang spesial. Diantaranya adalah Pit Egrang (Segway), Montor Tumbur (Bumper Car), Panggon Lunjak (Trampolin), Kursi Mabur (Flying Chair), Sepur Kluthuk (Fun Train), Komidi Puter (Carousel), Dinopark (Arena bermain dan aneka coin games atau arcade), dan Cleret Gandul (Flying fox). Ada juga wahana yang hingga kini belum beroperasi yakni Cinema 7D dan Everslide.

Ada beberapa mini foodcourt dan angkringan yang menjadi area makan sekaligus beristirahat. Namun saat ini banyak yang tidak beroperasi (tutup). Jadi hanya ada beberapa kios snack dan minuman dalam kemasan. Di area pintu keluar terdapat toko Raminten yang menjual berbagai souvenir dan pernik asesoris khas Jogja.

Untuk tiket masuk serta menikmati berbagai wahana di SKE ini menggunakan sistem deposit minimal Rp50.000 berbentuk kartu plastik RFID yang akan terpotong saldonya saat digunakan di masing-masing wahana permainan. Jika saldo habis, kartu tersebut bisa di-top-up (isi ulang) minimal Rp 50.000 di beberapa counter yang ada di dalam arena. Dan jika masih tersisa saldo saat pulang, kartu tersebut bisa dikembalikan dan di-refund sesuai nilai saldonya. Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 per-orang termasuk anak-anak. Sedangkan harga tiket wahananya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per-orang untuk sekali main. Cukup mahal memang, apalagi jika dibandingkan dengan Kids Fun Parcs yang memberlakukan tiket terusan/paket untuk bermain sepuasnya. Namun pada hari-hari tertentu atau jam-jam tertentu kerap diberlakukan diskon hingga sebesar 50 persen dari harga normal.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Dengan kendaraan pribadi/sewa baik roda empat maupun roda dua. Area parkirnya cukup luas, bahkan mampu menampung beberapa bus besar. Meski bisa menggunakan kendaraan umum dan berhenti di Jalan Magelang, namun masih harus berjalan cukup jauh (sekitar 900 meter) menuju lokasi ini.

TIPS

Selain mencoba ferris wheel-nya, jika ingin lebih puas bermain, terutama untuk anak-anak lebih baik ke Kids Fun Parcs yang memiliki variasi permainan lebih banyak, fasilitas lebih lengkap dan lebih murah.

Penilaian kami?

Overall Score* : 1.7

*) lokasi, harga, fasilitas, kebersihan, transportasi dan fitur lainnya

Leave a Reply