in

Taman Pintar

Memadukan Konsep Pendidikan, Permainan dan Hiburan Bernuansa Sains

Taman Pintar

Taman pintar digagas oleh Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto dan dibangun di atas lahan sekitar 1.2 hektar sejak Mei 2006. Diresmikan pada 9 Juni 2007 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X, bersama Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Kusmayanto Kadiman, dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Bambang Sudibyo. Taman ini memadukan konsep pendidikan dan permainan serta hiburan sebagai sarana memperluas wawasan informasi teknologi atau iptek. Taman Pintar memiliki maskot berupa “Burung Hantu Memakai Blangkon”, yang dimaknai sebagai burung yang mempunyai kepekaan tinggi, mampu mempelajari dan mampu merasakan peristiwa alam yang ada di sekitarnya. Sedangkan blangkon merupakan ciri pakaian adat Yogyakarta yang digunakan untuk menutup kepala laki-laki.

Moto taman ini menggunakan landasan filosofis 3-N yang diadopsi dari ajaran Ki Hadjar Dewantara, yakni Niteni (memahami/mengingat), Nirokake (menirukan), dan Nambahi (mengembangkan). Kini, filosofi tersebut beradaptasi dengan proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengacu pada konsep 3A yaitu: Adopt, Adapt, dan Advance.

Waktu pelayanan Taman Pintar adalah setiap hari Selasa – Minggu pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Hari Senin tutup, kecuali jika hari Senin jatuh pada hari Libur Nasional.

LOCATION MAP

Taman Pintar

Alamat/Kontak: Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta 55122. Telp. (0274) 583 631 / 583 713. Fax. (0274) 583 664.

FITUR LOKASI

Ada 6 area utama di Taman Pintar ini yakni PLAYGROUND; merupakan zona penyambutan sekaligus menjadi area publik bagi pengunjung, MEMORABILIA; bertemakan sejarah Indonesia serta Kesultanan Kraton Jogja, GEDUNG OVAL dan GEDUNG KOTAK; merupakan zona terbesar dengan tema utama iptek yang berisikan berbagai display alat peraga dan permainan interaktif hingga theater 4-Dimensi, GEDUNG PAUD; merupakan ruang berisikan pembelajaran dan permainan khusus bagi anak usia 2 – 7 th, dan PLANETARIUM; yang menampilkan simulasi langit Jogja dimalam hari serta edukasi tentang antariksa (ada 7 kali tayangan tiap hari). Fasilitas lain dari Taman Pintar ini antara lain adalah area makan (food-court), ruang kesehatan dan sarana ibadah.

Untuk masuk Taman Pintar hingga zona Playground gratis. Sedangkan untuk masuk zona/area lain dikenakan biaya tiket masuk sebagai berikut: Gedung Oval & Kotak: Rp 10.000 /anak dan Rp 18.000 /dewasa, Planetarium: Rp 15.000 /orang, Gedung PAUD: Rp 3.000 /anak, Wahana Bahari: Rp 4.000 /anak (untuk dewasa berat maksimal 65 Kg), Theater 4D (Gedung Kotak Lantai 3): Rp 15.000 /anak dan Rp 20.000 /dewasa, Dino Adventure (Gedung Kotak Lantai 3): Rp 20.000 /anak dan Rp 25.000 /dewasa. Selain beragam zona wahana yang ada, Taman Pintar juga memiliki Program Kreativitas (aktivitas) berupa Kreasi Batik – Rp 13.000, Kreasi Gerabah – Rp 10.000, Lukis Kaos Rp 35.000 dan Lukis Gerabah – Rp 13.000.

Sayangnya, ada beberapa alat peraga/simulasi dan permainan interaktif yang sebenarnya menarik namun mulai kurang terawat dan tidak berfungsi. Semoga hal ini menjadi perhatian bagi pihak pengelola untuk melakukan perbaikan agar pengunjung yang datang tidak kecewa.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Dengan kendaraan umum bisa menggunakan bus TransJogja rute 1A dan 2A, berhenti di halte Taman Pintar. Jika dengan kendaraan pribadi/sewa, area parkirnya masuk dari samping atau Jl. Sriwedari. Bisa juga parkir di area Benteng Vredeburg dan berjalan kaki ke arah Taman Pintar.

TIPS

.. belum ada ..

Penilaian kami?

Overall Score* : 3.6

*) lokasi, harga, fasilitas, kebersihan, transportasi dan fitur lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *