in ,

Desa Wisata Teletubbies New Ngelepen

Salah Satu Kampung Terunik Di Dunia Yang Mulai Berubah

Desa Wisata Teletubbies Ngelepen

The New Ngelepen atau Rumah Dome atau Kampung Teletubbies adalah sebuah perkampungan unik yang terletak di desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman. Perkampungan ini unik karena bentuk bangunannya yang bulat-bulat seperti rumah Teletubbies (Dome). Meski sebenarnya juga mirip dengan rumah Igloo atau Hobbit, tapi mungkin karena figur Teletubbies lebih dikenal di Indonesia, jadilah disebut rumah Teletubbies. Rumah Dome ini memiliki tiga kelebihan utama yaitu tahan gempa, tahan kebakaran dan tahan terhadap badai (puting beliung).

Pada awalnya, perkampungan yang dibangun di tanah kas desa seluas 2,6 hektar ini merupakan relokasi penduduk desa Ngelepen yang menjadi korban gempa Jogja pada Mei 2006 lalu. Pembangunan rumah-rumah dome dikerjakan sekitar 1 tahun oleh pemerintah Indonesia dengan bantuan dari Domes for The World Fundation (DFTW) yang bekerja sama dengan World Association of Non-Governmental Organizations (WANGO) and Emaar Properties, Dubai. Setelah diresmikan, rumah-rumah Dome ini kemudian diserah-terima-kan pada April 2007 dan diberi nama desa New Ngelepen. Ternyata setelah diresmikan, kompleks rumah Dome ini menarik perhatian dan kerap dikunjungi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Pasalnya, kompleks rumah Dome di Yogyakarta ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Hingga kemudian kompleks rumah Dome ini didaftarkan di Dinas Pariwisata Sleman dan resmi menjadi desa wisata (deswita) sejak tahun 2009.

Satu hal yang mungkin luput dari perhatian, yaitu rumah ini tidak tahan terhadap terjangan hawa tropis. Terlihat dari banyaknya dinding yang mulai retak sehingga menimbulkan rembes pada saat musim penghujan. Dan sayangnya, meskipun bangunan rumah dibuat cukup modern dan ditata rapi, namun kebiasaan masyarakat khas pedesaan masih sangat melekat sampai sekarang. Dulu rumah dan tanaman hias terdiri dari pohon palem dan cemara, namun kini banyak masyarakat yang rata-rata sebagai petani kembali melakukan kebiasaan lamanya. Pekarangan rumah pun ditanami dengan pohon pisang, jagung, jambu dan sebagainya, yang dianggap lebih menghasilkan dibanding dengan palem atau cemara. Bahkan cukup banyak rumah hunian yang ditambah bangunan ekstensi (perluasan) yang terlihat malah kurang serasi dengan disain awal bangunan utamanya.

LOCATION MAP

Desa Wisata Teletubbies Ngelepen

Alamat/Kontak: Dusun Sengir, Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55572. Telp. 0813 2719 1604, 0856 4365 7751.

FITUR LOKASI

Ada 80 bangunan Dome yang rata-rata berukuran diameter 7 meter dengan tinggi 4,6 meter, yang terdiri dari 71 rumah hunian warga, 6 fasilitas MCK, 1 masjid, 1 aula, dan 1 lagi untuk klinik kesehatan. Setiap rumah hunian terdiri dari dua lantai, lengkap dengan ruang tamu, dua buah kamar, dapur, dan bagian atas berlantai kayu tanpa sekat. Ada dua buah pintu di bagian depan dan belakang serta empat buah jendela.

Untuk masuk ke kompleks perkampungan New Ngelepen ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang, dan bebas berkeliling melihat-lihat seluruh area perkampungan. Kawasan perkampungan ini juga sudah dilengkapi fasilitas jaringan internet nirkabel (Wi-fi) gratis. Pelayanan sekretariatnya sendiri buka dari jam 07.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.

Selain sekedar melihat-lihat, desa wisata ini juga menawarkan beberapa paket wisata diantaranya: Paket Permainan Rp 15.000,- /permainan/orang, dengan fasilitas pemandu, badut Teletubbies, permainan tangkap belut, bakiak, estafet air, snow ball, dan lain-lain. Paket Tracking Rp 20.000,- /orang, dengan fasilitas pemandu, tracking peternakan, belik wunut (sumber mata air), tanah ambles (area situs gempa), serta video dokumentasi gempa. Paket Homestay Rp 120.000,- /orang dengan fasilitas pemandu, makan 2x, snack dan welcome drink. Ada juga Paket Aktivitas dan Kesenian, seperti pembuatan emping garut, cinderamata, outbound (anak dan dewasa), pentas jathilan, campursari dan karawitan, dan lain-lain. Seluruh paket minimal untuk 25 orang.

Ada satu lagi obyek yang masih dalam pengembangan yakni Bukit Teletubbies yang terletak sekitar 1 kilometer sebelah Timur perkampungan Teletubbies. Dari atas bukit inilah bisa terlihat pemandangan deretan rumah Dome yang ada di desa Teletubbies alias New Ngelepen.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi/sewa baik roda empat maupun roda dua, bisa juga dengan bus ukuran sedang. Namun untuk ke Bukit Teletubbies hanya bisa dengan roda dua dan jalannya sangat terjal. Jadi harus ekstra hati-hati.

TIPS

.. belum ada ..

Penilaian dari kami?

Overall Score* : 3

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply