in ,

Hutan Pinus Mangunan

Destinasi Wisata Alam Dengan Keheningan dan Kesejukan Hutan

Hutan Pinus Mangunan

Pada awalnya hutan di kawasan Mangunan ini hanyalah tanah kering dan gersang yang kemudian direboisasi. Saat itu bukan hanya pinus saja yang ditanam di kawasan ini, terdapat juga jenis pohon lain seperti mahoni, akasia, kemiri dan kayu putih pada lahan dengan luas sekitar 500 hektar.

Hutan yang merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan wilayah kerja Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul ini kemudian ditanami pohon pinus merkusii (tusam sumatra). Sebagian jenis pinus ini juga disadap untuk dijadikan bahan baku terpentin dan gondorukem. Baru sejak tahun 2015 lalu pada akhirnya Hutan Pinus Mangunan bukan hanya berfungsi sebagai hutan lindung tetapi juga dikelola dengan tujuan wisata alam Jogja. Ada juga yang menggunakannya sebagai tempat untuk outbound atau camping, sekedar ber-selfie ria hingga photo pre-wedding. Keberadaan sumber mata air Bengkung juga menarik perhatian para wisatawan.

LOCATION MAP

Hutan Pinus Mangunan

Alamat/Kontak: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Telp. 0818 0411 7711 (Purwoharsono) atau 0878 3902 6441 (Suratman).

FITUR LOKASI

Di area hutan pinus mangunan sebenarnya terdapat beberapa area (spot) yang bisa dikunjungi. Masing-masing diberi nama oleh kelompok (warga) pengelolanya. Ada Hutan Pinussari Mangunan, Hutan Pinus Dlingo, Hutan Pinus Nganjir, Hutan Pinus Asri, Puncak Becici dan beberapa spot lain. Namun yang fasilitas umumnya paling lengkap adalah Pinussari. Selain area parkir dan toilet yang memadai, terdapat juga gardu pandang, panggung pertunjukan terbuka, gubug workshop serta kios-kios warung makanan dan minuman dengan menu beragam lengkap dengan sitting area bertingkat yang terbuat dari kayu diantara pepohonan.

Untuk masuk ke area huran pinus ini tidak (belum) dipungut biaya (tiket) masuk alias gratis, cukup dengan membayar ongkos parkir sesuai jenis kendaraan. Untuk mobil Rp 10.000, Motor Rp 3.000, Bus Rp 20.000. Untuk penggunaan pre-wedding dan photo session dikenakan biaya berbeda yakni Rp 50.000. photo Standar harga masing-masing menu makanan dan minuman bahkan terpampang di papan kayu yang sangat informatif. Lokasi dilengkapi cukup banyak tempat sampah sehingga terlihat bersih.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Dengan kendaraan sendiri baik roda empat maupun roda dua. Lokasi bisa diakses dari selatan melalui Imogiri dan dari utara melalui Patuk. Area parkir tersedia cukup memadai dan luas. Kondisi area parkir berupa tanah natural, jadi saat basah/hujan agak licin dan becek.

TIPS

Saat terbaik dan terindah untuk menikmati alam hutan pinus ini adalah disaat musim penghujan (bulan Desember – Februari) dan pagi hari sebelum jam 07.00 WIB.

Penilaian kami?

Overall Score* : 4.4

*) lokasi, harga, fasilitas, kebersihan, transportasi dan fitur lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *