in ,

Kebun Buah Mangunan

Wisata Alam, Pendidikan, Berkemah dan Outbound Natural Pedesaan

Kebun Buah Mangunan

Kebun buah yang terletak di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul ini merupakan area wisata alam, wisata pendidikan, arena berkemah dan outbound yang menempati lahan sekitar 23.5 hektar dengan beragam fasilitas serta aneka tanaman dan ternak. Suasananya khas pedesaan yang asri, natural dan sejuk karena berada di area pegunungan atau perbukitan batu. Meski memiliki berbagai fasilitas aktivitas outdoor, namun obyek wisata ini lebih banyak dikenal karena panoramanya yang terletak di area 3, dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan bentang alam perbukitan imogiri dengan aliran sungai Oya yang membelah perbukitan tersebut. Di area panorama inilah pada pagi hari, jika beruntung, pengunjung bisa menikmati panorama kabut awan yang membentang luas diantara perbukitan hingga tempat pengunjung berdiri. Oleh karenanya, Kebun Buah Mangunan ini kerap disebut area “Negeri diatas awan” – karena (pada pagi hari, jika beruntung) pengunjung di sini bisa terlihat seperti berada diatas awan.

Kebun buah Mangunan ini buka setiap hari Senin – Minggu mulai pukul 04.30 hingga 18.00 WIB. Untuk pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 (Senin – Sabtu) dan Rp 6.000 (Minggu/Libur Nasional). Namun untuk pengunjung yang ingin memanfaatkan area ini untuk berkemah atau menginap dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 per-orang per-hari, sedangkan untuk outbound dikenakan biaya sesuai program dan jumlah pesertanya antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000 per-orang.

LOCATION MAP

Kebun Buah Mangunan

Alamat/Kontak: Dusun Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Telp. 0818 0270 9218 (Sugiyanto) atau via Dinas Pertanian & Kehutanan Kabupaten Bantul Jl. Ringroad Timur, Manding, Bantul.

FITUR LOKASI

Sebagai obyek wisata alam, Kebun Buah Mangunan memiliki beragam fasilitas fisik guna menunjang paket-paket wisata aktivitas yang ditawarkannya. Ada 3 area (Area 1, Area 2 dan Area 3) yang masing-masing memiliki fasilitas bangunan (aula) tertutup dan terbuka (pendopo) lengkap dengan jumlah toilet yang memadai, arena permainan (lapangan) dan area parkir. Secara keseluruhan terdapat 4 aula tertutup dan 3 pendopo di ketiga area. Masing-masing aula mampu menampung sekitar 50 hingga 60 orang. Selain itu juga terdapat fasilitas kolam, gazebo, camping ground, danau buatan, lintasan untuk sepeda gunung yaitu downhill sepanjang 2.300 meter dan cross country sepanjang 3.800 meter, arena permainan outbound, serta homestay (saat ini belum difungsikan).

Bila musim buah tiba (dibulan Desember hingga Januari), tersedia beragam jenis buah-buahan lokal seperti alpukat, sawo, jambu air, jambu dersana, rambutan, belimbing, durian, jeruk, cempedak dan puluhan aneka tanaman buah serta tanaman hias lainnya. Fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan untuk pendidikan dengan mempelajari pembiakan tanaman dengan metode cangkok, okulasi atau lainnya.

Area 3 merupakan area yang paling diminati pengunjung sekaligus paling banyak dimanfaatkan untuk ber-selfie ria meski merupakan area paling terjal. Di area inilah terletak sekitar 5 buah gazebo serta 5 gardu pandang yang menjadi titik untuk menikmati panorama sunrise dan sunset. Di area ini juga terdapat sederet kios (warung) yang menyajikan aneka makanan dan minuman.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi/sewa baik roda empat maupun roda dua. Jalan menuju lokasi cukup terjal, jadi pastikan kendaraan anda dalam kondisi fit. Area parkir sangat luas dan terdapat di setiap area (ada di ketiga area).

TIPS

Jika ingin menikmati panorama ‘negeri diatas awan’, untuk kemungkinan atau kesempatan terbaik ada pada pagi hari sebelum jam 7.00 WIB selama musim penghujan atau dibulan Desember hingga Februari.

Penilaian kami?

Overall Score* : 4.6

*) lokasi, harga, fasilitas, kebersihan, transportasi dan fitur lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *