in

Hamzah Batik Kaliurang

Supermarket Dunia Batik dan Cenderamata Kerajinan Tradisional Jogja

Hamzah Batik Jogja

Lokasi gerai batik dan kerajinan bernama Hamzah Batik ini terletak di Jalan Kaliurang KM15.5 Ngemplak, Sleman. Merupakan gerai cabang Hamzah Batik Malioboro. Konsep bangunan dan penataan ruang keduanya mirip dan menjadi arena wisata belanja yang kental dengan nuansa budaya Jawa serta pasar tradisional yang berkesan uyel-uyelan (berdesakan).

Hamzah Batik awalnya dibuka sejak tahun 1978-an dengan nama Mirota Batik di kawasan Malioboro. Pernah terbakar habis pada awal bulan Mei 2004 lalu, dibangun kembali dan beroperasi kembali setahun kemudian dengan dukungan pihak Keraton (Ratu Hemas). Seiring perjalanannya, Mirota Batik melakukan rebranding menjadi Hamzah Batik sejak awal 2015 lalu. Mungkin rebranding ini dilakukan agar ada perbedaan dengan istilah Mirota — yang awalnya merupakan kependekan dari Minuman dan Roti Tawar — yang tidak ada hubungannya dengan produk batik dan kerajinan cinderamata.

Yang menjadi ciri khas supermarket cinderamata ini adalah nuansa tradisional budaya jawa yang kental dengan iringan gending atau tembang jawa serta semerbak wewangian aromatheraphy dari kembang setaman (mawar, melati, kenangan dan kantil) dan dupa/ratus. Lucunya, dengan nuansa seperti ini, kadang ada pengunjung yang tidak (belum) mengerti malah jadi agak parno (paranoid) dan menduga suasananya mengandung unsur mistis. Padahal itu dilakukan justru untuk memperkuat nuansa seperti Keraton Jogja yang menjadi ciri khasnya sebagai salah satu upaya nguri-uri kabudayan (melestarikan kebudayaan). Gerai Hamzah Batik ini buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB.

LOCATION MAP

Hamzah Batik

Alamat/Kontak: Jl. Kaliurang KM 15.5, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Telp. 0274 897033, Fax. 0274 897068, WA +6281333030770.

FITUR LOKASI

Area belanja di Hamzah Batik ini terdiri dari 4 lantai yakni Lantai 1 (bagian depan), Lantai 2 (bagian tengah/belakang), Lantai 3 (bagian atas) dan Basement (bawah). Papan petunjuk (direktori) tiap lantai terletak di pintu masuk serta beberapa spot di setiap lantai.

Gerai ini bisa dikategorikan sebagai supermarket atau hypermarket-nya produk batik dan cenderamata (souvenir) Jogja karena produk/barangnya yang lengkap beraneka ragam dan didatangkan dari berbagai daerah dengan harganya sangat terjangkau. Produk-produknya antara lain adalah kemeja, kaos, blankon, surjan, daster, kimono, longdress dan sackdress, kain meteran berbahan batik dan sutra, sarung, serta berbagai kerajinan cinderamata seperti tas, ikat pinggang, dompet, kalung, gelang, sepatu dan sandal, hingga berbagai asesoris pajangan dari kain batik dan kayu. Hampir semua ada disini. Bahkan diwaktu tertentu anda juga bisa melihat langsung demo proses membatik di sini.

Di bagian teras (depan) disediakan cakruk atau gazebo sebagai ruang/area tunggu sekaligus smoking area yang sangat nyaman. Meski area parkir di depan gerai agak terbatas, namun masih terdapat lahan kosong yang cukup luas di seberang jalan yang dapat dimanfaatkan untuk parkir khususnya bus sedang dan besar.

PHOTO GALLERY

TRANSPORTASI

Kendaraan umum (minibus) yang lewat lokasi ini sangat jarang bahkan sudah tidak bisa diandalkan lagi. Hingga kini belum ada penggantinya. Jadi hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, baik roda empat maupun roda dua.

TIPS

Jangan sungkan bertanya pada pegawai/penjaga gerai untuk mencari produk yang unik dan menarik untuk cenderamata. Dan buat penggemar belanja, ada baiknya rencanakan daftar belanja sebelum anda kalap melihat begitu banyaknya barang bagus dan menarik disini.

Penilaian dari kami?

Overall Score* : 4.5

*) lokasi, kebersihan, fasilitas, transportasi, harga dan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *